dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh positif signifikan pada penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Jember Kidul Kaliwates Jember. Bahasa sebagai salah satu alat komunikasi terdiri dari komunikasi langsung maupun tak langsung. Komunikasi tak langsung dapat dituangkan melalui tulisan, yang diaplikasikan dalam kegiatan mengarang. Poster adalah salah satu media yang dapat digunkan sebagai alat untuk membantu daya nalar siswa dalam menuangkan ide, gagasan, dan perasaan kedalam tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V Sd Negeri 04 Jember Kidul. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB di Sd Negeri 04 Jember Kidul. Metode pengumpulan data menggunakan uji t jenis independen sample t-test. Hasil uji t menunjukkan = 4,604 dengan tingkat keefektifan relatif hingga 45,10%. Hasil data perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,604>1,986), sesuai hipotesis alternatif (Ha) mengatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar diterima. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sd Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember. | en_US |