Show simple item record

dc.contributor.authorLana Nailul Izza, Izza
dc.contributor.authorKhutobah
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.date.accessioned2015-09-10T08:34:40Z
dc.date.available2015-09-10T08:34:40Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63384
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan mengarang dengan menggunakan media Buku Curhat pada siswa kelas IVB. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, kemampuan menulis siswa yang masih rendah, khususnya dalam menuliskan pengalaman secara runtut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media Buku Curhat selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengarang siswa kelas IVB di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan kemampuan mengarang siswa dilihat dari hasil mengarang yaitu sebesar 63,33% dan siklus 2 mencapai 90%. Peningkatan kemampuan mengarang siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 26,67%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penggunaan media Buku Curhat dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa kelas IVB SDN Tamanan 2 Bondowoso.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan mengarangen_US
dc.subjectbuku curhaten_US
dc.titleMeningkatkan Keterampilan Mengarang dengan Menggunakan Media Buku Curhat pada Siswa Kelas IVB SDN Tamanan 2 Bondowosoen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record