Show simple item record

dc.contributor.authorIrfani Nur Azizah, Azizah
dc.contributor.authorNuriman
dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2015-09-07T03:31:37Z
dc.date.available2015-09-07T03:31:37Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63359
dc.description.abstractPembelajaran IPA di kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember masih didominasi oleh guru. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan strategi pembelajaran adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) dipilih untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jember pada pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) adalah strategi yang melibatkan siswa untuk menemukan, menyelidiki, dan memecahkan sendiri masalah yang dipelajari. Strategi pembelajaran penemuan (discovery) ini diterapkan melalui beberapa langkah: simulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 70,97% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,40% dengan kategori tinggi. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dengan kategori cukup baik sebesar 61,09 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,35 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran penemuan (discovery) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya kelas VA di SDN Karangharjo 02 Silo Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectstrategi pembelajaran penemuan (discovery)en_US
dc.subjectmotivasi belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectsifat-sifat cahayaen_US
dc.titlePeningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya melalui Strategi Pembelajaran Penemuan (Discovery) Siswa Kelas VA SDN Karangharjo 02 Silo Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record