Hubungan Tingkat Intensitas dan Kualitas Kegiatan Praktikum di
View/ Open
Date
2012Author
Inge Purwati Oktavia, Oktavia
Wachju Subchan, Subchan
Sulifah Aprilya Hariani, Hariani
Metadata
Show full item recordAbstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah intensitas dan kualitas kegiatan praktikum biologi. Inti kajiannya
difokuskan pada faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas kegiatan praktikum, yakni faktor eksternal. Faktor eksternal
yang diteliti yaitu 1) keadaan laboratorium, 2) waktu pelaksanaan praktikum, 3) persiapan praktikum, 4) pelaksanaan
praktikum, 5) laporan dan evaluasi praktiku. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana
laboratorium biologi; 2) mengetahui tingkat intensitas kegiatan praktikum; 3) mengetahui tingkat kualitas kegiatan
praktikum; 4) mengetahui koefisien korelasi antara tingkat intensitas dan kualitas kegiatan praktikum dengan hasil belajar
siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif terhadap 7 sekolah SMA Negeri di
Kabupaten Situbondo dengan jumlah sampel 92 siswa dan 7 guru biologi. Instrumen penelitian berupa observasi,
dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik korelasi yang digunakan adalah Pearson Correlations. Hasil Penelitian di
SMA Negeri Kabupaten Situbondo menunjukkan bahwa : 1) kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium biologi
tergolong cukup lengkap; 2) Tingkat intensitas kegiatan praktikum tergolong baik; 3) tingkat kualitas kegiatan praktikum
tergolong tinggi; 4) koefisien korelasi antara tingkat intensitas kegiatan praktikum dengan nilai praktikum adalah 0,623
sedangkan koefisien korelasi antara tingkat kualitas kegiatan praktikum dengan nilai praktikum adalah 0,512.
Berdasarkan nilai koefisien korelasi tersebut berarti hubungan antara tingkat intensitas dan kualitas kegiatan praktikum
dengan nilai praktikum kuat. Artinya, ada kontribusi kuat antara tingkat intensitas dan kualitas kegiatan praktikum
dengan nilai praktikum
Collections
- SRA-Education [1352]