dc.description.abstract | Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa merasa senang belajar dan tujuan pembelajaran tercapai termasuk dalam pembelajaran matematika. Untuk itu, guru harus menyiapkan secara matang semua kebutuhan sebelum pembelajaran matematika dimulai yang berupa perangkat pembelajaran. Salah satu penyebab siswa tidak menyukai pembelajaran matematika adalah keabstrakan objek matematika dan anggapan siswa bahwa matematika itu sulit, karena berkaitan dengan menghafal rumus dan berhitung. Salah satu cara mengurangi keabstrakan tersebut adalah mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dengan tingkat berfikir ilmiah. Untuk itu, pendekatan Scientific diterapkan dalam pembelajaran matematika dan dijadikan dasar mengembangkan perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan scientific tema bangga sebagai bangsa Indonesia materi volume kubus dan balok untuk kelas 5 SD. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar yang berorientasi pendekatan scientific. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan tahapan-tahapannya adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan scientific tema bangga sebagai bangsa Indonesia materi volume kubus dan balok untuk kelas 5 SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: (1) valid; (2) praktis; dan (3) efektif. | en_US |