Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Menggunakan Metode Eksperimen dengan Media Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Sukowiryo 01 Jelbuk Jember
View/ Open
Date
2014Author
Herlin Yuliana, Yuliana
Nuriman
Agustiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar hendaknya dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses siswa. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di kelas menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas masih berlangsung satu arah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA masih pasif, hal ini dikarenakan keterbatasan media pembelajaran di sekolah sehingga menyebabkan rendahnya keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi menggunakan metode eksperimen dengan media lingkungan pada siswa kelas IV di SDN Sukowiryo 01. Pada siklus I, persentase keterampilan proses siswa secara klasikal sebesar 73,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,4% dengan kriteria sangat tinggi. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,3 dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen menggunakan media lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sukowiryo 01 Jelbuk Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]