Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember pada Pokok Bahasan Peristiwa Alam Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Rowotamtu 02 Jember pada mata
pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah yang berhasil diidentifikasi dalam
pembelajaran IPA di SDN Rowotamtu 02 Jember adalah guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan konsep pengetahuannya sendiri selama proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember yang terdiri atas 25 siswa.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Dengan model pembelajaran berbasis
masalah, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan pengetahuannya sendiri dengan cara menganalisis dan
menyelesaikan berbagai permasalahan nyata yang erat dengan kehidupan siswa. Aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus
ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 29,9%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar
16,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam
pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember
Collections
- SRA-Education [1352]