Penerapan Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember
View/ Open
Date
2014Author
Affien Fitra Prayudi, Affien
Hari Satrijono, Hari
Khutobah, Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui penerapan pendekatan komunikatif pada siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Setelah diterapkan pendekatan komunikatif, siswa diharapkan dapat mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan serta aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan yang dimaksud yaitu pemilihan kata, ketepatan ucapan, dan penggunaan kalimat. Aspek nonkebahasaan yaitu kelancaran, keberanian, kenyaringan, dan gerak-gerik atau mimik. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 53,1% dan meningkat menjadi 83,8% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]