Penerapan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tapanrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tapanrejo Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas III. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, dan kemampuan menulis siswa yang masih rendah, khususnya dalam menulis karangan dengan memerhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media gambar berseri selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis karangan siswa kelas III di SD Negeri 3 Tapanrejo Banyuwangi. Pada siklus 1, peningkatan keterampilan menulis karangan siswa dilihat dari hasil menulis sebesar 62% dan siklus 2 mencapai 77%. Peningkatan keterampilan menulis karangan siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 15%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD Negeri 3 Tapanrejo Banyuwangi.
Collections
- SRA-Education [1352]