dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas II SDN Sumbersari 03 Jember. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang dilakukan pada tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran PAIKEM dengan media nyata menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA kelas II SDN Sumbersari 03 Jember meningkat. Hal tersebut ditunjukan dari hasil analisis data observasi aktivitas belajar siswa. pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,77% dengan kriteria aktif dan pada siklus II meningkat 13,06% menjadi 80,83% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar pada siklus I rata-rata kelas sebesar 76,66 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 12,74 menjadi 89,4 dengan kriteria sangat baik. Siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yakni sebanyak 29 siswa dengan persentase sebesar 96,66%.. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PAIKEM dengan media nyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas II SDN Sumbersari 03 Jember | en_US |