PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA
View/ Open
Date
2014Author
Fatimatur Rosyidah, Rosyidah,
Toto' Bara S, Bara S
Arif Fatahillah, Fatahillah
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) adalah untuk meningkatkan
motivasi, dan siswa harus mampu membangun pengetahuan mereka sendiri. Hal tersebut baik untuk implementasi
pembelajaran matematika karena akan membangun pembelajaran mandiri. Pembelajaran tersebut dapat memotivasi siswa
untuk menemukan konsep matematika yang dibangun oleh mereka sendiri, serta untuk membentuk karakter teliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika sub pokok
bahasan persegi panjang dan persegi. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model 4D Thiagarajan yang
mempunyai 4 langkah yaitu mendefinisikan, desain, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Produk dari penelitian ini
adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa, dan Tes Hasil Belajar (THB).
Berdasarkan proses validasi dan uji coba materi pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran telah
memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Collections
- SRA-Education [1352]