Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas III Di
View/ Open
Date
2014Author
Ellysa Rizky Ardini, Ardini,
Suhartiningsih, Suhartiningsih
Nanik Yuliati, Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwining 03 Rambipuji-Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana melalui penerapan model kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas III. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan sederhana siswa yang masih rendah, khususnya dalam penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca titik (.) dan koma (,), serta keruntutan kalimat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 25 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and pictue selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III di SDN Kaliwining 03 Rambipuji-Jember. Pada siklus 1, peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa dilihat dari hasil tes sebesar 60% dan siklus 2 mencapai 84%. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan 24%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Kaliwining 03 Rambipuji-Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]