• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Hasil Belajar Kemampuan Berbicara Antara Yang Diajar Melalui Metode Theatre Games dengan Yang Diajar Melalui Metode Ceramah Pada Siswa Kelas V Semester II SD Muhammadiyah 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    EKO WAHYU SUSILO.pdf (310.4Kb)
    Date
    2014
    Author
    Susilo, eko wahyu
    Suhartiningsih
    Yuliati, Nanik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran dikatakan baik jika kondisi pembelajaran aktif dan hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran yang dilakukan dapat tertanam dalam memori jangka panjang siswa. Menerapkan pendekatan dan metode efektif hakikatnya adalah upaya untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran drama dalam mata pelajaran bahasa indonesia adalah penggunaan metode ceramah oleh guru dan rendahnya nilai aprerasiatif siswa terhadap drama yang berdampak pada hasil belajar kemampuan berbicara siswa yang rendah. Pendekatan apresiatif dengan metode theatre games dipilih sebagai bandingan untuk metode ceramah yang selama ini digunakan. Metode theatre games adalah jenis metode latihan dasar drama yang berorientasi pada permainan untuk memberikan kesempatan kepada siswa berekspresi lebih bebas. Siswa akan mengikuti 7 permainan, yaitu angka 8, captain on deck, berbicara eja, jabat tangan, tebak ekspresi, tangkap beku dan improvisasi dialog. Berdasarkan hasil penelitian eksperimen dengan pola pretest-posttest control group design yang telah melalui tahapan: (1) uji homogenitas; (2) penentuan kelas eksperimen dan kontrol; (3) pelaksanaan tindakan; (4) analisis hasil, metode theatre games memberikan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kemampuan berbicara dibandingkan metode ceramah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63179
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository