Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter melalui Pendekatan Pemecahan Masalah pada Sub Pokok Bahasan Program Linier di SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
View/ Open
Date
2014Author
Eka Widiyanti, Widiyanti
Toto' Bara Setiawan, Setiawan
Nurcholif Diah Sri Lestari, Lestari
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter melalui pendekatan pemecahan pada sub pokok bahasan program linier sub di SMK program keahlian teknik komputer dan jaringan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan berdasarkan pada model 4-D (four-D Model) , Thiagarajan Semmel Semmel yang mana dalam proses pengembangannya terdapat empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah lembar validasi instrumen perangkat pembelajaran, observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh yang dianalisis oleh kualitatif deskriptif untuk memenuhi prestasi kriteria menelusuri kevalidan, kepraktisan dan efektivitas. Berdasarkan hasil analisis data, studi dikategorikan lebih baik dan memenuhi kriteria berlaku, praktis dan efektif.
Collections
- SRA-Education [1352]