• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Mading untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    DWI AMINAWATI.pdf (263.3Kb)
    Date
    2014
    Author
    AMINAWATI, Dwi
    FITRIYAH, Chumi Zahroul
    RAHAYU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi belajar merupakan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah jenis pembelajaran yang dirancang agar siswa mampu bekerjasama dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 orang dan saling berbagi ide untuk menyelesaikan tugas akademik dengan tanggungjawab masing-masing. Metode pembelajaran tidak selalu dapat mengatasi masalah pembelajaran, diperlukan pula media agar siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan secara kooperatif adalah media mading. Mading sebagai sarana/ tempat informasi hasil kreativitas siswa berupa tulisan deskripsi peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Pada pelaksanaannya, tahapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media mading adalah: (1) persiapan, (2) penomoran (numbering), (3) pertanyaan (questioning) dan berpikir bersama (heads together) meliputi menjawab pertanyaan pada media mading, (4) pemberian jawaban (answering) meliputi mempresentasikan isi mading, (5) kesimpulan, dan (6) memberi penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model adaptasi Hopkins, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media mading dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63161
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository