Hubungan Pendekatan Personal terhadap Kecerdasan Emosi dan Hasil Belajar Siswa CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa) pada Mata Pelajaran IPA (kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014)
View/ Open
Date
2014Author
Disy Pravita Anugrah, Disy
Wachju Subchan, Wachju
Iis Nur Asiyah, Iis
Metadata
Show full item recordAbstract
Selama bertahun-tahun, orang beranggapan bahwa keberhasilan hidup seseorang ditentukan oleh kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan emsoi. Kecerdasan emosional memiliki peranan yang penting untuk mengembangkan kecerdasan sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pendekatan personal terhadap hasil belajar dan kecerdasan emosi siswa kelas VII CIBI ( Cerdas Istimewa Bakat Istimewa) di SMP Negeri 3 Jember. Pembelajaran individual merupakan salah satu cara guru untuk membantu siswa dalam pembelajaran siswa, membantu merencanakan kegiatan belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan motivasi yang dimiliki siswa. Pada pendekatan personal di dalam kelas Guru lebih mendengarkan dan menanggapi secara positif pikiran anak didik dan membuat hubungan saling percaya Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 40% siswa memiliki EQ rendah,, 27% EQ sedang dan 33% memiliki EQ tinggi. Siswa mempunyai hasil belajar yang tinggi ─ dengan nilai rata-rata kelas sebesar 88,10 ─ diatas nilai KKM yang diberikan sekolah. Hasil dari korelasi antara pendekatan personal dengan hasil belajar siswa menunjukkan signifikasi sebesar 0,045 dan memiliki korelasi Pearson 0,525 sehingga memiliki hubungan dengan korelasi sedang, untuk hasil korelasi antara pendekatan personal dengan kecerdasan emosi menunjukkan signifikansi 0,006 dan memiliki korelasi Pearson 0,670 sehingga memiliki hubungan dengan korelasinya cukup tinggi.
Collections
- SRA-Education [1352]