• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Pendekatan Personal terhadap Kecerdasan Emosi dan Hasil Belajar Siswa CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa) pada Mata Pelajaran IPA (kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014) 

    Thumbnail
    View/Open
    DISY PRAVITA ANUGRAH.pdf (266.7Kb)
    Date
    2014
    Author
    Disy Pravita Anugrah, Disy
    Wachju Subchan, Wachju
    Iis Nur Asiyah, Iis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama bertahun-tahun, orang beranggapan bahwa keberhasilan hidup seseorang ditentukan oleh  kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan emsoi. Kecerdasan emosional memiliki peranan yang penting untuk mengembangkan kecerdasan sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pendekatan personal terhadap hasil belajar dan kecerdasan emosi siswa kelas VII CIBI ( Cerdas Istimewa Bakat Istimewa) di SMP Negeri 3 Jember. Pembelajaran individual merupakan salah satu cara guru untuk membantu siswa dalam pembelajaran siswa, membantu merencanakan kegiatan belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan motivasi yang dimiliki siswa. Pada pendekatan personal di dalam kelas Guru lebih mendengarkan dan menanggapi secara positif pikiran anak didik dan membuat hubungan saling percaya Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 40% siswa memiliki EQ rendah,, 27% EQ sedang dan 33% memiliki EQ tinggi. Siswa mempunyai hasil belajar yang tinggi  ─ dengan nilai rata-rata kelas sebesar 88,10 ─ diatas nilai KKM yang diberikan sekolah.  Hasil dari korelasi antara pendekatan personal dengan hasil belajar siswa menunjukkan signifikasi  sebesar 0,045 dan memiliki korelasi Pearson 0,525 sehingga memiliki hubungan dengan korelasi sedang, untuk hasil korelasi antara pendekatan personal dengan kecerdasan emosi menunjukkan signifikansi 0,006 dan memiliki korelasi Pearson 0,670 sehingga memiliki hubungan dengan korelasinya cukup tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63158
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository