• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Discovery Disertai Penggunaan Media Kartu Kwartet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di SDN Sempolan 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DIAN ANGGRAENI SUSILOWATI.pdf (297.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    SUSILOWATI, Dian Anggraeni , Nuriman, Mutrofin,
    SUSILOWATI, Dian Anggraeni
    Nuriman
    Mutrofin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sempolan 01 Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eskperimen tipe non-randomized control group pretest-posttets design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dengan rincian kelas IV A 34 siswa dan IV B 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Pembelajaran dilakukan menggunakan metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet di kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan metode konvensional. Sebelum pembelajaran, pretest dilaksanakan dikedua kelas yang hasilnya digunakan untuk uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan diperoleh F0 < Ftabel (0,3221 < 0,734) hal ini berarti hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak artinya kemampuan setiap siswa homogen (setara). Setelah proses pembelajaran dilakukan post-test dikedua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa yang kemudian dilakukan Uji t-test. Pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata nilai sebesar 76,559 sedangkan di kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata lebih rendah yaitu sebesar 64,889 dengan uji statistik t-hitung > t-tabel (3,160 > 1,179). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam di SDN Sempolan 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63139
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository