Pengaruh Metode Discovery Disertai Penggunaan Media Kartu Kwartet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di SDN Sempolan 01 Jember
View/ Open
Date
2014Author
SUSILOWATI, Dian Anggraeni , Nuriman, Mutrofin,
SUSILOWATI, Dian Anggraeni
Nuriman
Mutrofin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sempolan 01 Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eskperimen tipe non-randomized control group pretest-posttets design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dengan rincian kelas IV A 34 siswa dan IV B 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Pembelajaran dilakukan menggunakan metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet di kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan metode konvensional. Sebelum pembelajaran, pretest dilaksanakan dikedua kelas yang hasilnya digunakan untuk uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan diperoleh F0 < Ftabel (0,3221 < 0,734) hal ini berarti hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak artinya kemampuan setiap siswa homogen (setara). Setelah proses pembelajaran dilakukan post-test dikedua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa yang kemudian dilakukan Uji t-test. Pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata nilai sebesar 76,559 sedangkan di kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata lebih rendah yaitu sebesar 64,889 dengan uji statistik t-hitung > t-tabel (3,160 > 1,179). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam di SDN Sempolan 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]