Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Perusahaan Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2012
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh umur perusahaan terhadap tingkat underpricing, menganalisis pengaruh
ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing, menganalisis pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap tingkat
underpricing, menganlisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap tingkat underpricing dan menganalisis pengaruh
Debt to Equity Ratio (DER) terhadap tingkat underpricing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan
IPO di BEI tahun 2011-2012. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode
analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa umur perusahaan tidak
berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia. Ukuran
perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia.
EPS tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia.
NPM tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia.
DER berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia.