dc.description.abstract | Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar bagi pembentukan sumber daya manusia di
masa mendatang. Dalam proses fakta di lapangan sering ditemukannya guru kesulitan memfasilitasi anak yang memiliki
keunikan energi berlebih. Anak dengan keunikan seperti itu memiliki ciri tidak dapat duduk tenang dalam waktu yang
lama, senang bergerak bebas, tertarik pada permainan yang sifatnya menantang dan memerlukan gerak tubuh. Anak
tersebut belajar dengan kecerdasan kinestetik yaitu belajar dengan menggunakan tubuhnya lebih dominan. Metode
outboundsalah satu metode yang dapat memfasilitasi anak dengan keunikan tersebut. Karena metode outboundpraktek
langsung terhadap sebuah kejadian membuat anak dengan mudah menyerap pengetahuan yang ia alami sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outboundterhadap perkembangan kecerdasan kinestetik
anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode outbound.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode outboundmemiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak
PAUD Cahaya Nurani Jember. Selain itu Metode outbound dalam proses pembelajaran langsung diterapkan dan
penerapannya sangat terstruktur, kurikulumnya jelas disesuaikan dengan kebutuhan anak. | en_US |