Penerapan Teori Bruner dalam Metode Diskusi Kelompok
View/ Open
Date
2014Author
SWARTIKA, Cindy Wilis
SUGIARTI, Titik
LATIF, Misno A.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah dengan tujuan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan teori Bruner dalam metode diskusi kelompok. Hal ini dikarenakan di
SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah
yang salah satunya disebabkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran matematika pokok
bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang melalui penerapan teori Bruner dalam metode diskusi kelompok.
Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,50% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,21%
dengan kategori aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,64 dan pada siklus II
meningkat menjadi 71,54 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori Bruner dalam
metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa III dalam pembelajaran matematika pokok
bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah
Collections
- SRA-Education [1352]