• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement

    Thumbnail
    View/Open
    ARLYN SYANTIKA DORA VELLANI.pdf (266.3Kb)
    Date
    2014
    Author
    Arlyn Syantika Dora Vellani
    Imam Muchtar, Imam
    Khutobah, Khutobah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pujerbaru 1 Bondowoso dengan tujuan untuk menerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division dengan media (Kokami) kotak kartu misteri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran PKn tema harga diri . Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, aktivitas siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, tidak berani bertanya tentang materi yang kurang dimengerti dan hasil belajar siswa kelas III masih tergolong kurang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division dengan media (Kokami)kotak kartu misteri selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Pujerbaru 1 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 68,88% dan siklus 2 mencapai 81,48%. Aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 12,60%. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,85%, yaitu dari 67,59% menjadi 77,44%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Divisiondengan media (Kokami)kotak kartu misteri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas III SDN Pujerbaru 1 Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63081
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository