Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Strategi Belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran Kelas VIII SMP
View/ Open
Date
2014Author
Anita Ayu Herwati, Anita
Dafik, Dafik
Arika Indah Kristiana, Arika
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) adalah dapat meningkatkan motivasi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Strategi belajar MURDER dapat diaplikasikan pada pembelajaran matematika karena dalam pelaksanaan strategi belajar MURDER menuntut siswa untuk belajar secara mandiri. Pembelajaran yang mandiri dapat memotivasi siswa untuk membangun konsep matematika sendiri. Sehingga dapat memperkuat pemahaman. Penelitian ini uintuk mengetahui bagaimana proses dan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi belajar MURDER pada subpokok bahasan keliling dan luas lingkaran kelas VIII SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Plomp. Produk yang dihasilkan dalampenelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa. Proses validasi dan penilaian perangkat pembelajaran di sesuaikan dengan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Collections
- SRA-Education [1352]