Show simple item record

dc.contributor.authorSumarno
dc.contributor.authorSri Handayani, Sri Handayani
dc.contributor.authorAnggita Yuliana, Anggita
dc.date.accessioned2015-08-20T01:22:20Z
dc.date.available2015-08-20T01:22:20Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63059
dc.description.abstractIndonesia mengalami krisis karakter, terbukti dari semakin tingginya tindakan kriminal yang dilakukan oleh para pelajar. Bangsa indonesia perlu memperbaiki karakter masyarakat melalui pendidikan. Tahun 2013, dunia pendidikan merubah kurikulum menjadi kurikulum 2013. kurikulum 2013 menekankan pada proses dan pengembangan nilai karakter kepada peserta didik. Tokoh wayang Kumbakarna memiliki nilai karakter yang dapat diteladani. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai tokoh wayang Kumbakarna terhadap pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran sejarah. Kumbakarna merupakan anak ke 2 dari Resi Wisrawa dan Dewi Sukesi. Kumbakarna memiliki 7 nilai karakter yakni jujur, kerja keras, tekun, tanggung jawab, peduli sosial, cinta tanah air dan nasionalisme. Nilai kumbakarna juga merupakan 18 nilai karakter yang telah dirumuskan dalam kurikulum 2013. Nilai karakter diintegrasikan dalam pembelajaran sejarah melalui silabus dan RPP. Pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran sejarah dapat dikaitkan dengan materi sejarah, pendekatan serta strategi pembelajaran agar dalam proses belajar siswa dapat mengimplementasikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari - hari.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectKumbakarnaen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectpembelajaran sejarahen_US
dc.titleMANFAAT NILAI TOKOH WAYANG KUMBAKARNA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record