Show simple item record

dc.contributor.authorAna Fatimatuz Zahro, Ana
dc.contributor.authorNurul Umamah, Nurul
dc.contributor.authorSuranto, Suranto
dc.date.accessioned2015-08-20T00:53:27Z
dc.date.available2015-08-20T00:53:27Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63053
dc.description.abstractPerubahan dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah dalam pembelajaran, dari pembelajaran yang berpusat pada pendidik menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menjadikan peserta didik lebih kreatif dan lebih aktif di kelas. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidik masih menggunakan ceramah sebagai satu-satunya metode yang mendominasi dalam pembelajaran sejarah. Peserta didik dalam pembelajaran sejarah hanya pasif menerima materi tentang masa lampau yang sulit untuk dicerna dan memerlukan hafalan untuk mempelajarinya. Akibatnya peserta didik kurang kreatif dan hasil belajar belum mencapai ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah dengan menerapkan metode pembelajaran Guided Inquiry pada peserta didik kelas XI-IIS 2 SMA Negeri 1 Gambiran. Penelitian ini dimulai pada bulan Agustus-Oktober 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-IIS 2 dengan jumlah sebanyak 35 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumen dan tes. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah ktreativitas dan hasil belajar peserta didik. Kreativitas peserta didik secara klasikal pada siklus 1 64,46%, siklus 2 sebesar 71,60% dan meningkat menjadi 11,07%, siklus 3 sebesar 84,46% dan meningkat menjadi 20,57%. Hasil belajar kognitif siklus 1 68,57%, siklus 2 sebesar 77,14% dan meningkat menjadi 12,5%, siklus 3 sebesar 85,71% dan meningkat menjadi 11,1%. Hasil belajar psikomotorik siklus 1 53,57%, siklus 2 sebesar 71,42% dan meningkat menjadi 33,32%, siklus 3 sebesar 80% dan meningkat menjadi 12,01%.  Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN 1 Gambiran.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Guided Inquiryen_US
dc.subjectKreativitasen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBINGen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record