Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Make A Match (Mencari Pasangan) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN Tegal Rejo 01 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2011/2012
View/ Open
Date
2014Author
SARI, Alfin Anita
SARI, Alfin Anita
SUGIARTI, Titik
KHUTOBAH
Metadata
Show full item recordAbstract
Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik make a match (Mencari Pasangan) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang pada siswa kelas V SDN Tegal Rejo 01 Mayang. Pembelajaran kooperatif teknik Make a match digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Tegal Rejo 01. Make a match merupakan salah satu teknik pembelajaran koopereatif yang penerapannya menggunakan kartu sebagai media untuk mengatur pola interaksi siswa dalam kelompok belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran Matematika dengan menggunakan teknik make a match mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,9% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 79,8% dengan kategori aktif. Peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,9%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,9% meningkat sebesar 78,30% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 16,4 %.
Collections
- SRA-Education [1352]