PENGARUH METODE DRILL DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
View/ Open
Date
2014Author
Risnawati
Umar HMS, Umar HMS
Hety Mustika Ani, Hety
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode drilldan kelengkapan sumber belajar terhadap
hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2012/2013. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode angket untuk mengetahui bagaimana implementasi metode drill dalam proses pembelajaran
akuntansi serta kelengkapan sumber belajar yang digunakan siswa dalam memperoleh informasi mengenai materi
akuntansi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Setelah dilakukan
analisis data diperoleh hasil f
hitung
= 84,937 dan f
tabel
= 3,095, dimana f
hitung
> f
tabel
dengan taraf signifikansi 0,000
sehingga metode drill dan kelengkapan sumber belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Hasil
perhitungan uji t diperoleh t
hitung
= 2.389 dan t
tabel
= 1,1986 untuk metode drill, sedangkan kelengkapan sumber belajar
diperoleh t
hitung
= 5,366 dan t
tabel
= 1,1986. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa t
hitung
metode drilldan t
hitung
kelengkapan sumber belajar lebih besar dari t
tabel
, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial memiliki pengaruh
terhadap hasil celajar akuntansi. Hasil analisis data diperoleh R
square
= 0,649 berarti bahwa metode drilldan kelengkapan
sumber belajar mempunyai pengaruh 64,9% terhadap hasil belajar akuntansi, selebihnya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh
factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial kelengkapan sumber belajar memiliki proporsi
sumbangan pengaruh terbesar yaitu 45,94% sedangkan metode drillyaitu 18,94%.
Collections
- SRA-Education [1352]