• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE DRILL DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Risnawati.pdf (268.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    Risnawati
    Umar HMS, Umar HMS
    Hety Mustika Ani, Hety
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode drilldan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2012/2013. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengetahui bagaimana implementasi metode drill dalam proses pembelajaran akuntansi serta kelengkapan sumber belajar yang digunakan siswa dalam memperoleh informasi mengenai materi akuntansi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil f hitung = 84,937 dan f tabel = 3,095, dimana f hitung > f tabel dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga metode drill dan kelengkapan sumber belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung = 2.389 dan t tabel = 1,1986 untuk metode drill, sedangkan kelengkapan sumber belajar diperoleh t hitung = 5,366 dan t tabel = 1,1986. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa t hitung metode drilldan t hitung kelengkapan sumber belajar lebih besar dari t tabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial memiliki pengaruh terhadap hasil celajar akuntansi. Hasil analisis data diperoleh R square = 0,649 berarti bahwa metode drilldan kelengkapan sumber belajar mempunyai pengaruh 64,9% terhadap hasil belajar akuntansi, selebihnya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial kelengkapan sumber belajar memiliki proporsi sumbangan pengaruh terbesar yaitu 45,94% sedangkan metode drillyaitu 18,94%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63018
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository