dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Sumbersari 03 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode bermain peran. Hal ini dikarenakan di SD
Negeri Sumbersari 03 Jember terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 34 siswa. Pengumpulan data penelitian
menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode
bermain peran ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Sumbersari 03 Jember mengalami
peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 19%,
sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 15%. Hasil belajar siswa
juga mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 20,88%,
sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 20,29%. Berdasarkan data hasil
penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa di kelas IV SD Negeri Sumbersari 03 Jember. | en_US |