Penerapan Metode Penemuan dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Panca Indera Manusia di Kelas IV Sd Negeri Kaliwining 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Surya Dharma Suwara, Yayan
Nuriman
Agustiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini memaparkan proses pembelajaran menggunakan metode penemuan pada materi panca indera manusia yang
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di
SDN Kaliwining 01 Jember yaitu selama pembelajaran berlangsung, komunikasi hanya terjadi 1 arah. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember yang terdiri dari 46 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes. Metode penemuan ini dapat membuat siswa terlibat aktif menemukan pengetahuannya sendiri,
termotivasi dalam belajar, dan mendapat pengetahuan yang kokoh, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah
dilakukan tindakan dengan metode penemuan, tahap siklus I persentase keaktifan siswa secara klasikal sebesar 63,16%,
sedangkan rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 70,2 dengan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar
sebanyak 33 siswa dari 46 siswa yang ada, dan pada siklus II persentase keaktifan siswa secara klasikal sebesar 70,77%,
sedangkan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 80,2 dengan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar
sebanyak 35 siswa. Jadi, metode penemuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]