dc.description.abstract | Penelitian tentang pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar akuntansi dilandasi oleh pemikiran bahwa
kemampuan penalaran memiliki peranan yang sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran terhadap hasil belajar
siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan
metode random sampling pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi. Data diambil dengan menggunakan teknik
dokumentasi untuk meraih data tentang jumlah siswa kelas X Program Keahlian akuntansi, nama siswa, nilai tes penalaran
siswa, dan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran akuntansi; observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses
pembelajaran untuk mendapatkan data tambahan tentang kemampuan penalaran siswa sebagai bahan pertimbangan dalam
penyusunan kesimpulan penelitian; serta wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hal-hal yang
berkaitan dengan kegiatan pembelajaran mata pelajaran akuntansi dan kemampuan penalaran siswa kelas X Program
Keahlian akuntansi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis
regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) dengan tingkat
signifikansi 0.000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 76,2% yang berarti bahwa variabel kemampuan penalaran
memberikan proporsi sumbangan sebesar 76,2% terhadap hasil belajar akuntansi. | en_US |