Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peninggalan Sejarah Masa Islam di Indonesia Melalui Model Kooperatif Teknik Make A Match (Mencari Pasangan) di SDN Sukorambi 04 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorambi 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 melalui model kooperatif teknik Make A Match (mencari
pasangan). Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah tingkat motivasi dan hasil belajar
siswa masih rendah, salah satu penyebabnya dikarenakan pembelajaran dirasa membosankan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 33 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model kooperatif teknik Make A
Match (mencari pasangan) selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04 Jember. Pada siklus 1, motivasi siswa sebesar 2,21, mengalami peningkatan
sebesar 0,59 menjadi 2,80 pada siklus 2. Persentase hasil belajar siswa pada kualifikasi memuaskan mengalami peningkatan
dari siklus 1 yaitu yang semula 72,8% menjadi 87,88% mengalami peningkatan sebesar 15,08%. Berdasarkan penjelasan di
atas dapat simpulkan bahwa penerapan model kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04 Jember
Collections
- SRA-Education [1352]