PEMBERDAYAAN KOPERASI SEKOLAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN KOPERASI DI KOPRASI SISWA SMK NEGERI 6 JEMBER TAHUN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemberdayaan koperasi sekolah ditinjau dari perspektif manajemen
koperasi di SMK Negeri 6 Jember dan mendeskripsikan dampak dari adanya pemberdayaan koperasi sekolah
SMK Negeri 6 Jember ditinjau dari perspektif manajemen koperasi. Metode penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area yaitu koperasi siswa SMK Negeri 6 Jember. Jumlah subjek dalam
penelitian ini sebanyak 7 subjek penelitian yang meliputi 1 orang pembina, 2 orang pengurus, 2 orang pengawas, dan 2
orang anggota Koperasi Siswa “KOSMETA” di SMK Negeri 6 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri
dari metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi. Adapun wujud dari pemberdayaan yang dilakukan oleh pembina adalah dengan memberikan peminaan,
pendampingan, dan pengarahan kepada pengurus ketika melaksanakan kegiatan perkoperasian. Adanya pemberdayaan yang
dilakukan oleh pembina koperasi, pihak pengurus koperasi sekolah SMK Negeri 6 Jember dapat mnjalankan seta
mningkatkan kgiatan perkoperasian berdasarkan manajemen koperasi yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, koordinasi, dan pengawasan.
Collections
- SRA-Education [1352]