Studi Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Sejarah antara Metode Problem Solving dengan Snowball Throwing di Man 1 Jember
View/ Open
Date
2013Author
PRATIWI, Fatma Finta
PRATOWO, Fatma Finta
SURANTO
MARJONO
Metadata
Show full item recordAbstract
Metode problem solving merupakan metode pembelajaran yang melatih siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan
menulis sejarah dengan cara sederhana sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi. Metode snowball
throwingmerupakan suatu metode pembelajaran yang melatih siswa untuk aktif dalam kegiatan kelompok dan memecahkan
masalah secara mandiri. Melalui metode snowball throwing guru dapat mengetahui seberapa besar pemahaman masingmasing siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan dalam pembelajaran
sejarah antara metode problem solvingdan snowball throwingterhadap hasil belajar siswa sertauntuk mengetahui metode
pembelajaran mana yang lebih baik dalam pembelajaran sejarah. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan
menggunakan desain static group comparison. Hasil yang diperoleh menunjukan t = 3,587 (p>0,05) lebih besar dari t tabel
1,67 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Nilai rata-rata siswa
diketahui kelas eksperimen 1 sebesar 77.7 sedangkan rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 68.8. Dengan demikian metode
pembelajaran problem solvinglebih baik dari pada metode snowball throwing
Collections
- SRA-Education [1352]