Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di Lingkungan Setempat di SDN Binakal Bondowoso
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS menggunakan metode problem solving. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN
Binakal Bondowoso yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode problem
solving dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi baik secara individu maupun secara kelompok.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,52%,
sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 12,94%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran
IPS Pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso
Collections
- SRA-Education [1352]