PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 )
View/ Open
Date
2014Author
Amalia Anggraini, Nur
Djaja, Sutrisno
Kartin, Titin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa dengan
menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat mata pelajaran akuntansi
kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti adalah
siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 38 siswa dan guru mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS. Metode pengumpulan data yang
digunakan meliputi metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yaitu berusaha memaparkan data-data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan di lapangan.
Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi keterampilan serta aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil
wawancara. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, yang masing-masing ada 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat
meningkat dari rendah menjadi tinggi, begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat dari rendah menjadi tinggi.
Collections
- SRA-Education [1352]