• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Yang Mendorong Siswa Untuk Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi pada Siswa Kelas XI IPS MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Faiqotul Tri.pdf (263.5Kb)
    Date
    2013
    Author
    Faiqotul Tri Wardani, Faiqotul
    Dr. Sri Kantun, Sri
    Drs. Sutrisno Djaja, Sutrisno M.M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini diangkat dari penelitian yang berjudul pengaruh faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 . Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive yaitu sebanyak 52 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, dokumen, observasi, dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebesar 77,6%. Secara parsial masing-masing variabel memberikan sumbangan sebesar 64,11% untuk variabel faktor internal dan 13,49% untuk variabel faktor eksternal. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang dapat terbukti. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah sebaiknya siswa lebih meningkatkan faktor eksternal yaitu sebesar 13,49% dalam belajar akuntansi agar hasil belajar akuntansi yang dicapai siswa kelas XI IPS MAN Lumajang lebih optimal sementara faktor internal sebesar 64,11% harus lebih dipertahankan. Faktorfaktor lainnya seperti bakat, intelegensi, dan motivasi juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62776
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository