• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo Jember Semester Genap Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Melakukan Pencatatan Transaksi Dalam Jurnal Pada Perusahaan Dagang Tahun Pelajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Lusi Wijayanti.pdf (273.9Kb)
    Date
    2013
    Author
    Wijayanti, Lusi
    Kantun, Dr Sri M. Ed
    Kartini, Titin S. Pd, M. Pd
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan belajar siswa dengan menerapkan metode resitasi pada siswa kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo Jember semester genap mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal pada perusahaan dagang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode purposive yaitu seluruh siswa kelas X Ak 2 sebanyak 43 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan keterampilan belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode resitasi. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata pemahaman siswa meningkat secara individu dari standar ketuntasan minimum yang diperoleh siswa pada pertemuan pertama dari 84 menjadi 88 pada pertemuan kedua dan rata-rata secara klasikal 72% pada siklus I, pada siklus II secara individu standar ketuntasan minimum yang diperoleh siswa 86 secara klasikal yaitu 95% menjadi 88 dan secara klasikal 100% dengan rata-rata 97,5% pada siklus II. Skor rata-rata keterampilan siswa pada siklus I meningkat dari 2,1 (kategori sedang) menjadi yaitu 2,4 (kategori tinggi) pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62774
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository