PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo Jember Semester Genap Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Melakukan Pencatatan Transaksi Dalam Jurnal Pada Perusahaan Dagang Tahun Pelajaran 2012/2013)
View/ Open
Date
2013Author
Wijayanti, Lusi
Kantun, Dr Sri M. Ed
Kartini, Titin S. Pd, M. Pd
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan belajar
siswa dengan menerapkan metode resitasi pada siswa kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo Jember semester genap mata pelajaran
akuntansi kompetensi dasar melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal pada perusahaan dagang tahun pelajaran
2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Penentuan subyek penelitian menggunakan
metode purposive yaitu seluruh siswa kelas X Ak 2 sebanyak 43 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemahaman dan keterampilan belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode
resitasi. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata pemahaman siswa meningkat secara individu dari standar ketuntasan
minimum yang diperoleh siswa pada pertemuan pertama dari 84 menjadi 88 pada pertemuan kedua dan rata-rata secara
klasikal 72% pada siklus I, pada siklus II secara individu standar ketuntasan minimum yang diperoleh siswa 86 secara
klasikal yaitu 95% menjadi 88 dan secara klasikal 100% dengan rata-rata 97,5% pada siklus II. Skor rata-rata keterampilan
siswa pada siklus I meningkat dari 2,1 (kategori sedang) menjadi yaitu 2,4 (kategori tinggi) pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]