PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN MANGLIWETAN 1 BONDOWOSO
View/ Open
Date
2013Author
Aini, Qurratu
Rahayu
Zahroul Fitriyah, Chumi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Mangliwetan 1 Bondowoso. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang
terdiri dari 26 siswa, 10 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
problem solving dengan menggunakan media video yang bertujuan untuk mengatasi masalah belajar di kelas IV
SDN Mangliwetan 1 Bondowoso. Penerapan metode pembelajaran dan media tersebut digunakan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Mangliwetan 1
Bondowoso. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes yang merupakan intrument penilaian kemampuan
berpikir kritis siswa, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa telah meningkat pada setiap siklus. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata hasil observasi dan hasil tes dari siklus I ke siklus II, yaitu 60,25%
menjadi 67,95% dan 69,31% menjadi 75,27%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem
solving dengan media video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Mangliwetan 1
Bondowoso
Collections
- SRA-Education [1352]