dc.description.abstract | Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA dan merupakan ilmu yang lahir
dan berkembang lewat langkang-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan
hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta
penemuan teori dan konsep (Trianto,2010:136-138). Sesuai dengan karakteristik
fisika sebagai bagian dari natural science, pembelajaran fisika harus merefleksikan
kompetensi sikap ilmiah, berfikir ilmiah, dan keterampilan kerja ilmiah. Masalah
yang melanda dunia pendidikan fisika sebagian besar masih berkutat pada upaya
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa SMA dalam
materi fisika masih relatif rendah, karena pengemasan pendidikan sering tidak
berjalan dengan hakikat belajar dan mengajar fisika ( Degeng dalam Santyasa, 2004).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle
yang valid serta mengetahui hasil belajar fisika siswa dan tingkat aktivitas siswa
setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil penelitian berupa bahan ajar berbasis
web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle diharapkan dapat dimanfaatkan
dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Bahan ajar berbasis web interaktif dengan
aplikasi E-Learning Moodle diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut.
Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA
Negeri 2 Jember yang berjumlah 36 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan
dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan
dalam pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sumber data dari penelitian ini adalah
berupa hasil validasi bahan ajar, serta hasil pre teset dan post test serta lembar
observasi aktivitas siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis web interaktif
dengan aplikasi E-Learning Moodle.
Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba
lapangan. Diperoleh hasil dari validasi ahli dengan nilai 3,66 untuk bahan ajar
berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle. Hasil belajar siswa
memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 42% dengan angka ini dapat dikatakan
peningkatan hasil belajar siswa sudah cukup baik. Secara keseluruhan, pembelajaran
yang dilaksanakan dengan menggunakan bahan ajar berbasis web interaktif dengan
aplikasi e- learning moodle dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase
perolehan nilai baik adalah 61%. Pada aspek efektivitas pemanfaatan waktu dan
artisipasi setiap anggota kelompok yang cukup tinggi sebesar 86% siswa memperoleh
nilai baik. Pada aspek lancar dalam presentasi dan lancar saat menjawab pertanyaan
antar kelompok mendapat hanya sebesar 39% dan 19% siswa yang mendapat skor
baik dikarenakan masih banyak siswa yang masih belum lancar dalam melakukan
presentasi hasil diskusi dan masih banyak siswa yang masih malu-malu dalam
menjawab pertanyaan antar kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa
1) bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e- learning moodle
dikategorikan cukup valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2)
Hasil belajar siswa sudah dikatakan baik dengan peningkatan hasil belajar siswa
sebesar 42%; 3) Secara keseluruhan siswa yang memiliki aktivitas baik adalah
sebesar 61%. | en_US |