• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB INTERAKTIF DENGAN APLIKASI E-LEARNING MOODLE PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Apriliana Saputri - 100210103017_1.pdf (1.102Mb)
    Date
    2015-06-24
    Author
    Arif Harimukti Hidayatulah 100210102037
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA dan merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkang-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep (Trianto,2010:136-138). Sesuai dengan karakteristik fisika sebagai bagian dari natural science, pembelajaran fisika harus merefleksikan kompetensi sikap ilmiah, berfikir ilmiah, dan keterampilan kerja ilmiah. Masalah yang melanda dunia pendidikan fisika sebagian besar masih berkutat pada upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa SMA dalam materi fisika masih relatif rendah, karena pengemasan pendidikan sering tidak berjalan dengan hakikat belajar dan mengajar fisika ( Degeng dalam Santyasa, 2004). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle yang valid serta mengetahui hasil belajar fisika siswa dan tingkat aktivitas siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil penelitian berupa bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle diharapkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Jember yang berjumlah 36 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi bahan ajar, serta hasil pre teset dan post test serta lembar observasi aktivitas siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle. Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Diperoleh hasil dari validasi ahli dengan nilai 3,66 untuk bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi E-Learning Moodle. Hasil belajar siswa memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 42% dengan angka ini dapat dikatakan peningkatan hasil belajar siswa sudah cukup baik. Secara keseluruhan, pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e- learning moodle dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase perolehan nilai baik adalah 61%. Pada aspek efektivitas pemanfaatan waktu dan artisipasi setiap anggota kelompok yang cukup tinggi sebesar 86% siswa memperoleh nilai baik. Pada aspek lancar dalam presentasi dan lancar saat menjawab pertanyaan antar kelompok mendapat hanya sebesar 39% dan 19% siswa yang mendapat skor baik dikarenakan masih banyak siswa yang masih belum lancar dalam melakukan presentasi hasil diskusi dan masih banyak siswa yang masih malu-malu dalam menjawab pertanyaan antar kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e- learning moodle dikategorikan cukup valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) Hasil belajar siswa sudah dikatakan baik dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 42%; 3) Secara keseluruhan siswa yang memiliki aktivitas baik adalah sebesar 61%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62712
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository