Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran IPS materi pokok
bahasan masalah sosial yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah yang berhasil
diidentifikasi dalam pembelajaran IPS di SDN Pangkemiri II Sidoarjo yakni guru hanya menggunakan metode ceramah dan
penugasan sehingga kesempatan untuk siswa terlibat aktif dalam pembelajaran kurang. Penelitian ini ditujukan pada siswa
kelas IV SDN Pangkemiri II Sidoarjo yang terdiri dari 16 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian
tindakan kelas. Pembelajaran dilakukan oleh peneliti sendiri. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dengan Metode Role Playing, guru mengajak
siswa bermain peran dengan menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas, sehingga siswa dapat merasakan secara
langsung situasi dan keadaan di lingkungan sekitarnya untuk dapat menyelesaikan masalah sosial yang terjadi.. Jadi, Metode
Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]