Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas x-1 Sma Muhammadiyah 3 Jember Semester Genap Tahun Pembelajaran 2021/2013
Abstract
Siswa kelas X-1 di SMA Muhammadiyah 3 Jember tidak tertarik mengikuti pelajaran sejarah terlihat pada saat pembelajaran
sejarah berlangsung. Guru sejarah masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan penugasan sehingga siswa
tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru sejarah jarang sekali menggunakan metode pembelajaran efektif yang dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam belajar di kelas sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan pada siswa. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik
siswa, dimana karakteristik siswa kelas X-1 di SMA Muhammadiyah 3 Jember tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran
sejarah, siswa merasa cepat jenuh dalam menerima pelajaran, siswa memiliki daya ingat yang lemah, dan siswa malas dalam
membaca materi pelajaran. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa kelas X-1 terutama dalam mata pelajaran
sejarah adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari
persentase aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus 61,11%, siklus I mencapai
70,83%, dan siklus II persentase aktivitas belajar siswa mencapai 85,76%. Ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus pada
aspek kognitif 68,75%, aspek afektif dan psikomotorik tidak diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pada aspek
kognitif 75%, aspek afektif 78,12%, dan aspek psikomotorik 75%, sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus II pada aspek
kognitif 87,5%, aspek afektif 90,62%, dan aspek psikomotorik 87,5%. Berdasarkan keterangan di atas menunjukkan adanya
peningkatan persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal antara pra siklus, siklus I, dan
siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]