• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPAdi SDN Ajung 01 Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Shella Indria.pdf (263.0Kb)
    Date
    2014
    Author
    PANGESTI, Shella Indria Dwi
    NURIMAN
    AGUSTINIGNSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ajung 01 Ajung-Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen tipe pre-test post-test control group design dengan subjek penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas III A dan kelas III B dengan masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes berupa tes objektif. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media lingkungan dilaksanakan di kelas III A yang bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas III B bertindak sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan. Sebelum melaksanakan pembelajaran, dilakukan pre-test di kedua kelas tersebut yang hasilnya digunakan untuk uji homogenitas. Pada kelas eksperimen diperoleh p-value (sig.) 0.100 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil diterima, artinya kemampuan siswa kelas eksperimen adalah homogen. Pada kelas kontrol diperoleh p-value (sig.) 0.433 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil diterima, artinya kemampuan siswa kelas kontrol adalah homogen. Setelah proses pembelajaran, dilakukan post-test di kedua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa yang kemudian dilakukan Uji t. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan media lingkungan mempunyai rata-rata nilai sebesar 76,53 sedangkan di kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan mempunyai nilai rata-rata lebih rendah yaitu sebesar 67,26. Dari hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai siswa dengan menggunakan media lingkungan dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunkan media lingkungan (nilai-p = 0.009). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN Ajung 01 AjungJember tahun pelajaran 2013/2014.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62701
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository