Show simple item record

dc.contributor.authorNur Mazidah, Singgih Bektiarso, Agustiningsih
dc.contributor.authorNur Mazidah, Nur
dc.date.accessioned2015-06-24T01:49:58Z
dc.date.available2015-06-24T01:49:58Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62700
dc.description.abstractSalah satu alternative model pembelajaran yang inovatif adalah Problem Based Learning (PBL). Kelebihan dari dapat melatih kemandirian siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh penerapan model Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto, Sidoarjo. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental pola pre-test post-test control group design. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling areayaitu di SDN Sidokerto Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Subjek yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 44 siswa dari kelas IVA dan 42 siswa dari kelas IVB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-testpokok bahasan sumber daya alam. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga t0=0,871, sedangkan nilai ttabel dengan db=84 adalah 1,99, sehingga t0<t tabel. Selanjutnya, kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil uji-t =3,647, sedangkan nilai t tabel dengan db=84 adalah 1,99, sehingga t hitung>t tabel . Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto Kabupaten Sidoarjo pokok bahasan sumber daya alam pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan t hitung = 3,647.en_US
dc.subjectmodel problem based learningen_US
dc.subjectpenelitian eksperimentalen_US
dc.subjecthasil belajar IPAen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sidokerto, Sidoarjoen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record