Peningkatan Kemampuan Menyusun Kata menjadi Kalimat Tanya dengan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas III SDN Wirowongso 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Galita Dewi Rizkya, Galita
Hari Satrijono, Hari
Suhartiningsih, Suhartiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan umum dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan hasil
pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis kalimat tanya pada siswa kelas III SDN Wirowongso Jember. Tujuan khusus
dari pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan
menyusun kata menjadi kalimat tanya pada siswa kelas III SDN Wirowongso 1 Jember tahun pelajaran 2012/2013, dan
mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyusun kata menjadi kalimat tanya setelah menggunakan media kartu kata
pada siswa kelas III SDN Wirowongso 1 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Setelah tindakan dilakukan dengan media
kartu kata dalam menyusun kata menjadi kalimat tanya, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pada tahap siklus I,
jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 67,5%. Pada
tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 34 siswa dengan persentase ketuntasan belajar
85%. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai pada tahap parasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami kenaikan.
Sebaliknya, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami
penurunan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa menerapkan pembelajaran menyusun kata menjadi kalimat tanya
dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek menulis kalimat tanya.
Collections
- SRA-Education [1352]