Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dengan menggunakan Teknik Mind Mappingdalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat di SD Negeri 05 Genteng Banyuwangi
View/
Date
2013Author
Mita Apriliya, Mita
Imam Muchtar, Imam
Rahayu, Rahayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan proses belajar mengajar yang menggunakan Teknik  Mind Mapping  pada pokok bahasan
Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah
yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN 05 Genteng Banyuwangi yakni siswa kurang terlibat aktif
dalam pembelajaran. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas 4 SDN 05 Genteng Banyuwangi yang terdiri dari 20 siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, tindakan pengajaran dan pembelajaran dilakukan
oleh peneliti yang bertindak sebagai guru. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data
dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis  kualitatif  dan  kuantitatif.  Dengan  Teknik  Mind  Mapping,  murid
melakukan pencatatan materi yang mereka pelajari dengan kreativitas mereka sendiri, sehingga pembelajaran PKn yang
identik dengan hafalan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. Jadi, Teknik  Mind Mapping  dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]
