Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Gaya Gesek Melalui Model Inkuiri Siswa Kelas 5 SDN Pakusari 01 Jember
View/ Open
Date
2013Author
NERPATI, Rani Dwi
NURIMAN
BEKTIARSO, Singgih
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa melalui model inkuiri pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Pakusari 01 Jember pokok bahasan gaya gesek melalui model inkuiri.
Penelitian dilaksanakan pada 35 siswa kelas 5 SDN Pakusari 01 Jember. Penelitian terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I
dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat, pada siklus I 54,7 % dengan katagori aktif,
sedangkan untuk siklus II 96,7% dengan katagori sangat aktif. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, 68,6%
siswa tuntas pada siklus I, sedangkan pada siklus II mencapai 96,7%..Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan
bahwa penerepan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 5 pokok bahasan
gaya gesek di SDN Pakusari 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]