Show simple item record

dc.contributor.authorSaiful Bukhori
dc.contributor.authorIfrina Nuritha, Windi Eka Yulia Retnani
dc.date.accessioned2015-05-12T06:09:16Z
dc.date.available2015-05-12T06:09:16Z
dc.date.issued2015-05-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62486
dc.description.abstractLokasi merupakan salah satu factor dalam bauran pemasaran ritel (retail marketing mix) yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha bisnis ritel seperti minimarket waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha minimarket waralaba dengan system informasi geografis. Tingkat keberhasilan usaha ditentukan dengan mengelompokkan minimarket waralaba berdasarkan 6 indikator keberhasilan usaha menggunakan 5 metode hierarchical clustering. Identifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha dilakukan dengan 4 operasi spasial dalam system informasi geografis, yaitu geocoding,measurement,query dan overlay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode single linkage merupakan metode clustering terbaik yang mempunyai nilai rasio simpangan baku dalam kelompok (Sw) dan sampingan baku antar kelompok (Sb) paling kecil dibandingkan keempat metode lainnya.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectLokasi Usaha, Tingkat Keberhasilan Usaha, Hierarchical Clustering Sistem Informasi Geografisen_US
dc.titlePengelompokan Minimarket Waralaba Berbasis GIS dengan Menggunakan Metode Hierarchical Clusteringen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record