Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas X - A Sma Nuris Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Moh Fathur Rozi, Moh
Nurul Umamah, Nurul
Marjono
Metadata
Show full item recordAbstract
Dari latar belakang ini dapat dikatakan bahwa rumusan masalah "(1) Apakah penerapan metode pembelajaran
kooperatif Team Permainan turnamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA SMA
sejarah Nuris Jember semester genap 2012-2013 sekolah tahun, (2) Apakah penerapan metode pembelajaran
kooperatif Team jenis permainan turnamen (TGT) semester genap SMA kelas XA Nuris Jember 2012-2013 tahun
ajaran dapat Meningkatkan hasil belajar sejarah.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai
sebelumnya kegiatan belajar siswa yang 39,54%, pada siklus 1 siswa kegiatan belajar dapat dikategorikan sebagai
ditunjukkan oleh seorang mahasiswa yang sangat aktif kegiatan berdasarkan beberapa aspek seperti mendengarkan
keterangan (catatan guru), diskusi kelompok dan belajar dengan belajar permainan pada nilai rata-rata datar luas
kegiatan 60,21%. Dalam siklus 2 peningkatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas belajar kategori sangat aktif yang
merupakan 80,46% dari nilai rata-rata aspek kegiatan yang telah ditentukan belajar. Sedangkan peningkatan hasil
belajar siswa yang dinilai dari pemberian tugas dan melakukan post-test dan pre-test siklus 1 yang mencapai nilai
rata-rata kelas 45,16% dan pada siklus 2 mencapai 80,64%. Jadi dapat dikatakan telah mengalami peningkatan
yang signifikan seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai kegiatan sebelum pelaksanaan siklus tindakan
menggunakan metode pembelajaran Tim game turnamen (TGT)
Collections
- SRA-Education [1352]