• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas X - A Sma Nuris Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Moh Fathur Rozi.pdf (277.9Kb)
    Date
    2013
    Author
    Moh Fathur Rozi, Moh
    Nurul Umamah, Nurul
    Marjono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari latar belakang ini dapat dikatakan bahwa rumusan masalah "(1) Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif Team Permainan turnamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA SMA sejarah Nuris Jember semester genap 2012-2013 sekolah tahun, (2) Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif Team jenis permainan turnamen (TGT) semester genap SMA kelas XA Nuris Jember 2012-2013 tahun ajaran dapat Meningkatkan hasil belajar sejarah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai sebelumnya kegiatan belajar siswa yang 39,54%, pada siklus 1 siswa kegiatan belajar dapat dikategorikan sebagai ditunjukkan oleh seorang mahasiswa yang sangat aktif kegiatan berdasarkan beberapa aspek seperti mendengarkan keterangan (catatan guru), diskusi kelompok dan belajar dengan belajar permainan pada nilai rata-rata datar luas kegiatan 60,21%. Dalam siklus 2 peningkatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas belajar kategori sangat aktif yang merupakan 80,46% dari nilai rata-rata aspek kegiatan yang telah ditentukan belajar. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang dinilai dari pemberian tugas dan melakukan post-test dan pre-test siklus 1 yang mencapai nilai rata-rata kelas 45,16% dan pada siklus 2 mencapai 80,64%. Jadi dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang signifikan seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai kegiatan sebelum pelaksanaan siklus tindakan menggunakan metode pembelajaran Tim game turnamen (TGT)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62464
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository