Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas V SDN 2 Jatisari
View/ Open
Date
2014Author
WULANDARI, Eka Sartika
Dr. INDRAWATI M. Pd
Drs. NURIMAN Ph. D
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams Achivement Division) pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Jatisari. Dari hasil perolehan nilai
prasiklus hanya mencapai 64,71%, masih perlu diadakan perbaikan–perbaikan sehingga kriteria hasil belajar dapat tercapai.
Berdasarkan hasil ulangan harian siswa siklus I yang mencapai KKM secara klasikal mencapai 70,59 % sedangkan siswa
belum mencapai kriteria hasil belajar 29,41%. Hasil analisis siklus II yang tuntas secara klasikal mencapai 88,24% dan yang
belum mencapai kriteria hasil belajar sebanyak 11,76%. Peningkatan ini juga terjadi pada aktivitas siswa saat mengikuti
pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pada hasil observasi aktivitas belajar siswa
prasiklus persentase aktivitas siswa sebesar 81,37% dengan kriteria keaktifan yang cukup. Sedangkan hasil observasi yang
dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I keatifan siswa mencapai 86,27% dengan kriteria keaktifan baik, dan
setelah di laksanakan observasi siklus II aktifitas belajar siswa nampak terjadi peningkatan yang sangat baik dengan
persentase keaktifan siswa mencapai 93,63 %. Dari semua hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat di ambil
kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Jatisari Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun 2012/2013
Collections
- SRA-Education [1352]