Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory)Pada Pembelajaran Fisika Di SMP/MTs
View/
Date
2012Author
Fitriya S
Drs. Albertus Djoko Lesmono, . Albertus M.Si,
Sri Wahyuni, Sri S. Pd., M. Pd.
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum yang memiliki validitas yang baik,
mengetahui kinerja praktikum siswa dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum
fisika yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan petunjuk
praktikum fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Metode perolehan
data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan angket. Data hasil validasi logic yang diperoleh
yaitu  penilaian  petunjuk  praktikum  fisika  berbasis  laboratorium  virtual  sebesar  2,78  sehingga  dapat
dikategorikan  baik  dan  layak  digunakan  untuk  uji  coba  pengembangan.  Berdasarkan  hasil  uji  coba
pengembangan diperoleh bahwa kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk praktikum
fisika  berbasis  laboratorium  virtual,  baik  pada  aspek  kemampuan  mengamati  dan  mencatat  hasil
praktikum  maupun  dari  aspek  kemampuan  menginterpretasi  hasil  dan  merumuskan  kesimpulan
dinyatakan baik. Motivasi belajar siswa secara classicalsebesar 92.45% sehingga siswa tergolong sangat
termotivasi selama praktikum.
Collections
- SRA-Education [1352]
