Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory)Pada Pembelajaran Fisika Di SMP/MTs
View/ Open
Date
2012Author
Fitriya S
Drs. Albertus Djoko Lesmono, . Albertus M.Si,
Sri Wahyuni, Sri S. Pd., M. Pd.
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum yang memiliki validitas yang baik,
mengetahui kinerja praktikum siswa dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum
fisika yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan petunjuk
praktikum fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Metode perolehan
data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan angket. Data hasil validasi logic yang diperoleh
yaitu penilaian petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual sebesar 2,78 sehingga dapat
dikategorikan baik dan layak digunakan untuk uji coba pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba
pengembangan diperoleh bahwa kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk praktikum
fisika berbasis laboratorium virtual, baik pada aspek kemampuan mengamati dan mencatat hasil
praktikum maupun dari aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan
dinyatakan baik. Motivasi belajar siswa secara classicalsebesar 92.45% sehingga siswa tergolong sangat
termotivasi selama praktikum.
Collections
- SRA-Education [1352]